Sabtu, 14 November 2015

Kabar CPNS Terbaru, 3 Pemda Siap Buka Lowongan CPNS Tahun 2016


Dikutip dari berbagai sumber, bahwa tahun 2016 beberapa pemerintah daerah akan membuka lowongan CPNS. Dari ketiga Pemda tersebut, formasi lowongan kebanyakan untuk bidang pendidikan dan kesehatan.

Sementara kuota yang dibutuhkan masih belum jelas, dikarenakan perubahan sistem usulan ke Kemenpan RB yang tadinya dari sistem manual menjadi E-Formasi. Untuk berita lebih jelasnya bisa dibaca rangkuman berita dibawah ini.

1. Pemprov Lampung Buka Penerimaan PNS Maret 2016
BANDARLAMPUNG - Setelah dua tahun tidak membuka pendaftaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung pada tahun 2016 kembali membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
“Jadwal registrasi online CPNS bakal kembali dilakukan pada tahun 2016 dan proses rekutmen CPNS direncakan mulai Maret 2016,” kata Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pusat, Bima Haria Wibisana saat diwawancarai media usai melaksanakan rapat koordinasi pengarahan kepada Sekda se- Provinsi Lampung Senin, (09/11).
Bima menambahkan, bahwa setelah proses rekrutmen CPNS direncanakan proses rekrutmen mulai Maret 2016 untuk tesnya diperkirakan Juli - Agustus 2016. Untuk waktu rekrutmen lebih dimajukan agar PNS baru bisa mendapatkan NIP di tahun yang sama.
"Selama ini PNS baru mendapatkan NIP setiap awal Januari, kalau proses rekrutmennya lebih cepat ya otomatis pemberkasan NIP juga bisa lebih cepat," ucapnya.
Menurutnya, Pemerintah Pusat mengalokasikan penerimaan PNS tidak lebih dari 100 ribu agar tidak membebani fiskal negara. Sasaran Pemerintah hanya ingin menunjukan kemasyarakat meskipun jumlahnya sedikit tetap ada bukaan, karena saat ini usulan pemerintah daerah se-Provinsi Lampung sudah masuk melalui e-formasi. Sebab acuan BKN melihat e-formasi. Jadi nanti terlihat semua apa saja yang dibutuhkan.
Sementara itu, pemerintah ternyata memang tak mengalokasikan dana untuk pengangkatan Honorer K2. Hal tersebut dibenarkan Ketua Komisi XI Fadel Muhammad.
"Anggaran bagi pengangkatan honorer belum ada dalam APBN 2016. Ternyata banyak hal penting untuk rakyat tapi belum terpenuhi," kata Fadel di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (9/11).
Meski begitu, fraksinya di DPR akan mengusulkan agar dana itu dimasukkan daam RAPBN Perubahan 2016. "Di APBNP bisa dilihat, kalau pendapatan negara naik, Partai Golkar usulkan dalam APBNP untuk anggaran pengangkatan tenaga honorer," ujarnya. mantan Gubernur Gorontalo itu.
Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandy mengatakan, pemerintah tidak punya anggaran untuk honorer kategori dua (K2) tahun 2016. (nav/jpnn)
Sumber: www.translampung.com


2. Asyik, Temanggung buka Penerimaan CPNS 2016
Keduselatan.com, Temanggung – Asyik, Temanggung buka Penerimaan CPNS 2016, menurut informasi yang disampaikan oleh Dja’far selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Temanggung bahwa tahun 2016 akan ada penerimaan CPNS di Kabupaten Temanggung, terkait jumlah dan formasi yang disediakan masih dikaji berapa jumlah kebutuhan PNS secara riil saat ini.
“Sesuai rapat dengan Kemenpan, bahwa 2016 akan ada formasi PNS. Akan tetapi untuk jumlahnya belum tahu, masing-masing daerah belum tahu diberi kuota berapa. Tapi pastinya akan ada formasi CPNS di bulan Maret,”ujarnya kemarin.
Pemkab Temanggung menggunakan teknis E-Formatting yang hasilnya lebih presisi untuk mengkaji dan mengetahui jumlah riil kekurangan kebutuhan formasi PNS, sehingga akan memperoleh hasil yang lebih sesuai harapan dibandingkan dahulu penghitungan masih manual.
“Kalau dulu usulan itu lewat manual, sekarang harus diisikan di elektronik, jadi dari Kemenpan langsung bisa membaca berapa kebutuhan PNS di Temanggung. Itu sudah ada rumusan, aplikasi, misalnya ada berapa sekolah berapa rombelnya, nah disitu nanti akan muncul berapa kebutuhan guru,”tuturnya.
Penggunakan E-Formasi merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran yang disampaikan oleh Kemenpan RB dengan nomor B-2156 R.PAN RB V/2015, SE tersebut juga dalam rangka penyusunan formasi PNS tahun 2015 yang dilakukan moratorium penerimaan PNS, sehingga otomatis tahun 2015 ini tidak ada penerimaan CPNS.
E-Formasi menggunakan penghitungan secara matematis, dengan cara pendataan ABK PNS Real saat ini, lalu dikurang personil yang akan masuk tahap pensiun dan mereka yang pindah tugas ditambah formasi CPNS, maka akan diketahui kekurangannya.
Namun demikian, bila secara e-formasi belum diketahui jumlah kebutuhan yang pasti, namun secara manual sudah diketahui kebutuhan CPNS 2016 di Temanggung meliputi 1.189 Guru, Pelayanan Kesehatan 288 Orang, Pegawai tetap pada dinas, badan dan kantor sebanyak 795 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 2.272 Orang.
Dari jumlah kebutuhan guru sebanyak 1.189 orang itu, 982 di antaranya kebutuhan untuk guru Sekolah Dasar (SD). Guru SMP dibutuhkan sebanyak 135 orang, SMA 25 orang, dan SMK 47 orang.
Penghitungan manual jumlah kebutuhan formasi itu merupakan hasil perhitungan tahun 2014, saat ini angka total PNS Kabupaten Temanggung adalah 8.183 Orang, dimana kebutuhan jumlah PNS yang ideal untuk Kabupaten Temanggung berkisar antara 9.000 – 10.000 Orang PNS.(den)
Sumber : www.keduselatan.com

3. Pemkot Solo Buka Seleksi CPNS 2016, Mayoritas Guru dan Perawat
Solopos.com, SOLO — Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan membuka perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk umum pada 2016. Pemkot Solo juga mengajukan kebutuhan PNS dan berpeluang kembali membuka lowongan CPNS Solo tahun depan.
Informasi itu diperoleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo saat diadakan pertemuan di Batam, Oktober lalu. Kepala BKD Solo, Hari Prihatno, mengatakan saat ini BKD sedang mengajukan kebutuhan PNS di Pemkot Solo menggunakan e-Formasi atau sistem aplikasi untuk penyusunan kebutuhan PNS setiap tahunnya.
Sistem itu mempercepat proses administrasi serta menjamin keakuratan data terkait peta jabatan, jumlah pegawai, posisi penempatan pegawai, alokasi kekurangan dan kelebihan pegawai.
“Saat ini, kami masih menyelesaikan e-Formasi secara online yang masih 80 persen. Jadi, kami belum bisa menentukan jumlah usulan ke Kemenpan karena masih proses. Kami menyadari pemerintah pusat tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan kami, tetapi setidaknya ada pengisian di sejumlah bidang yang penting,” katanya kepadaSolopos.com di ruang kerjanya, Kamis (12/11/2015).
Meskipun belum merinci usulan yang dikirim ke Kementerian PAN-RB, ia menyatakan mayoritas kebutuhan pegawai adalah tenaga pendidikan (guru kelas) dan perawat. Selain itu, juga kebutuhan tenaga teknis di satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
Sementara, terkait tes yang akan diadakan untuk CPNS tahun depan, masih sama seperti tahun lalu berupa computer assisted test (CAT). Namun, lanjut dia, rencananya ada dua tes berupa tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB).
“Berbeda dari tahun lalu yang hanya TKD, tahun depan seleksinya lebih ketat karena ada TKB. Sebab, dari hasil CPNS tahun lalu, ada keluhan dari beberapa daerah jika para pegawai baru itu kurang memiliki perilaku yang baik. Padahal, PNS adalah abdi negara yang melayani masyarakat,” tuturnya.
Terkait kekurangan pegawai di Pemkot Solo, ia menyatakan ada sekitar 1.000 orang karena dalam setahun ada 300 hingga 400 pegawai yang pensiun. “Tahun lalu, kami hanya mendapat 50 orang pegawai baru. Jumlah itu masih sangat kurang jika dibandingkan kebutuhan kami saat ini yang mencapai 1.000 orang,” imbuh Hari.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, mengatakan kekurangan pegawai di bidang pendidikan terutama guru SD. “Kami berharap pada CPNS tahun depan, kekosongan tenaga pendidik dan tenaga teknis bisa terpenuhi secara bertahap,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis.
Sumber : Solopos.com


Silahkan bagi kawan-kawan yang berminat menjadi PNS untuk bisa dipersiapkan mulai dari syarat administrasi sampai kesiapan untuk tes, supaya cita-cita untuk bekerja sebagai abdi negara bisa terwujud.


EmoticonEmoticon